Perjalanan biji kopi berkualitas

Sebelumnya aku mengikuti kompetisi menulis tentang kopi yang diadakan oleh Nescafe. Setelah menunggu beberapa hari tibalah hari pengumuman, dan ternyata waw! Aku masuk dalam 10 besar dan mendapatkan jalan-jalan gratis ke lampung bersama 10 peserta lain ke pabrik dan kebun kopi Nescafe.

“Jalan-jalan gratis cuy!”

“Ke kebon kopi!”

“Lampung!”

Kami berangkat hari rabu tanggal 10 desember kemarin pukul 2 siang. Perjalanan di tempuh kurang lebih 10 jam, ya ini perjalanan yang melelahkan tetapi asyik sekali karna kita mulai beradaptasi dengan peserta yang lain. Mulai kepo nih, ternyata eh ternyata aku adalah peserta termuda loh disini. Kayanya peserta lain orang-orang yang hebat dan jago nulis juga tepatnya.

Pas banget bus kami sampai di pelabuhan jam 5 dan menyebrangi selat sunda itu pas matahari lagi terbenam, ah ini momen langka bagiku, ya sekarang orang lebih memilih pesawat yang lebih gampang dan cepat dari pada jalur darat.

senja di selat sunda

Setelah sampai di pulau Sumatra kami langsung mencari rumah makan untuk makan malam, dan yang pasti di tuju adalah masakan padang! Ternyata kami semua kalab makan, setelah makan dan nempel  di kursi bus kami langsung tertidur terutama aku apalagi 2 kursi untuk 1 orang. Bebas banget hehe

Kami menginap di hotel tepat di pusat kota Bandar Lampung, temen sekamar aku namanya Putra, dan ternyata dia dulu ikut komunitas foto yang aku ikuti sekarang. Haha dunia sempit ternyata, eh bukan dunia yang sempit tapi pergaulan kami yang luas ya.

Lampung menjadi tempat penghasil kopi terbesar di Indonesia, bukan dari banyaknya saja melainkan dari kualitasnya juga. Kabupaten Trenggamus adalah daerah salah satu daerah pemasok kopi nescafe, kalau masalah kualitas jangan ditanya. Jarak kabupaten Trenggamus sekitar 2 jam perjalan menggunakan mobil dari Banda Lampung.

Ternyata kami di bawa keperkebunan kopi, dan perkebunan kopi ini adalah bagian dari kampanye Nescafe Education Plan yang di buat nescafe. Nescafe membagikan bibit unggul berkualitas kepada 15.000 petani secara gratis. Tiba-tiba munculah 3 orang lalu memperkenalkan diri, namanya mas Adi dia adalah ketua tim argonomi nescafe.

asdad

Lalu dia menjelaskan tentang kebun kopi ini, dimulai dari pemetaan wilayah hingga jenis pohon kopinya. Tugas mas Adi dan tim argonomisnya adalah untuk memantau dan melihat sekaligus memberikan penyuluhan, pengetahuan kepada petani tentang kopi agar menghasilkan biji kopi yang berkualitas dan bisa dinikmati oleh generasi-generasi muda mendatang.

Setelah itu kami di bawa ke tempat  Kelompok Usaha Bersama (KUB). Tempat ini adalah tempat pengepul kopi dan juga tempat binaan Nescafe. Di depan tempat itu terpampang jelas tulisan di spanduk berwna putih “ 4C Development Program”  dengan di tambah foto-foto yang menjelaskan tentang hal tersebut. 4C Development Program itu sendiri adalah Farmer group engagement, ICS Development, Training of Trainer, dan 4C Verification. Setelah kami masuk ternayata di dalam sedang ada kegiatan, dimulai dari kegiatan memasukan tanah kedalam polybag setelah itu dimasukan kedalam tempat panjang yang di tutupi oleh plastik atasnya setelah 3 bulan langsung siap tanam. Bibit-bibit ini didapatkan secara percuma dari Nescafe, setelah panen petani bebas dalam menjual biji kopi tersebut tidak harus kepada Nescafe, tetapi jika ingin menjualnya kepada nescafe harus termasuk dalam kriteria biji kopi yang berkualitas.

sfh jhklhjuk; hjkluligt

Disini aku mencoba langsung kopi dari petani, warnanya agak kehijauan dan rasanya seperti kopi lainnya tapi agak sedikit hambar.

Biji kopi robusta ini di datangkan langsung dari Jember oleh pihak Nescafe, dikemas dengan kardus dan dilindungi dengan plastik agar kualitasnya tetap terjaga. Bibit yang sampai di tangan petani harus langsung segera ditanam di masukan ke dalam poly bag yang tadi sudah disiapkan oleh ibu-ibu. Ya, kebanyakan pekerja disini adalah masyarakat sekitar. Katanya kalau hanya mengandalkan satu pekerjaan saja kuranglah cukup untuk hidup.

Kami juga dibawa ke tempat kedua, Kelompok Usaha bersama yang kedua ini jauh berbeda, bangunannya sangat lebih besar. Pemilik usaha ini mengawali karirnya sebagai kurir yang mengambil biji dari kebun lalu mengantarnya ke pengepul, beliau sudah berkarir sudah puluhan tahun hingga akhirnya sukses seperti sekarang.

gjhlk

Kami diperlihatkan alat untuk menyaring biji kopi dari batu, daun dan biji kopi yang kurang bagus. Dengan alat ini KUB ini bisa mengirim hingga puluhan ton biji kopi tiap harinya. Setelah kami dibuat kagum oleh tempat dan alat yang besar, kami di ajak untuk melihat bagaimana cara mengitung kadar air dalam biji kopi dan kecacatan dalam biji kopi.

fghtgkhgh

Pihak nescafe sendiri menerapkan kriteria khusus dalam memilih biji kopi agar terjaga kualitasnya, yaitu kadar air sebesar 12% dan defact (kecacatan) 80%. Biji kopi yang memiliki kadar air lebih dari 12% dan memiliki kecacatan di atas 80% tidak dipilih oleh pihak Nescafe karna akan membuat kualitas kopi menurun. Dengan kriteria tersebut dan kampanye yang dibuat nescafe diharapkan agar para petani dapat menjaga dan menghasilkan biji kopi yang berkualitas dan dapat dijual dengan harga tinggi agar dapat menjadi biji kopi yang berkualitas tinggi.

gjgh ghjhk

PABRIK NESCAFE

Kami tidak hanya di ajak untuk melihat-lihat kebun kopi saja, melainkan melihat langsung pengolah kopi yang sebelumnya sudah lulus dalam tahap kriteria Nescafe. Pabrik Nescafe terletak di daerah panjang, Bandar lampung.

Disambut langsung oleh kepala pabrik Nescafe, kami pun diceritakan terlebih dahulu tentang perjalanan nescafe, pabrik nescafe panjang dan kopi. Setelah itu kami di ajak memasuki pabrik nescafe dengan pakaian yang mungkin lebih mirip dengan dokter kali ya hee, kami diwajibkan memakai head cup, sepatu safety dan penutup telinga. Di pabrik Nescafe ini pun jalannya di atur ada garis jalan tersendiri agar terjaga keselamatannya.

Ruangan pertama adalah kami melihat bagaimana kopi itu di pilih dengan cara disedot oleh mesin dan di proses dalam mesin tersebut. Ada beberapa tahap dalam proses pembuatan kopi di Pabrik nescafe.

Yang pertama adalah pemilihan biji dengan kriteria khusus, lalu setelah biji kopi lulus dalam seleksi akan di panggang dengan mesin lalu digiling, setelah digiling dan dipanggang biji kopi memasuki tahap ekstraksi tahap ini adalah tahap pemisahahan kopi dari ampasnya, selama esktrasi ini aroma kopi akan menguap dari biji kopi akan tetapi nescafe memiliki alat untuk menyemprotkan kembali aroma tersebut kepada biji kopi agar aroma kopinya tetap terjaga setelah proses ekstrasi biji kopi akan dijadikan bubuk, proses ini dinamakan spray drying . setelah sudah menjadi bubuk masuk proses filling dan packaging.

Setelah melihat proses panjang pembuatan kopi yang berkualitas akhirnya kami di ajak untuk melakukan coffee testing, kami masuk ke ruangan pertama dan ada sebuah meja bundar dengan berbagai jenis kopi di tengah dan juga ada mangkuk-mangkuk kecil di pinggirnya.

c b IMG_9563

Kami mencoba tiap kopi disini, dengan melakukan teknik cupping , teknik ini kita harus menyedot dan membiarkan air kopi menyebar di permukaan lidah agar terasa rasa kopinya karna lidah di bagi 5 rasa di 5 bagian. Setelah di contohkan aku langsung tertawa mendengar suara sedotannya, aneh dan sedikit berisik. Pada saat giliran aku ya benar saja setelah cupping test aku langsung ketawa sendiri mendegarnya. Ternyata, dengan biji yang sama akan bisa menghasilkan rasa yang berbeda. Karna itu tiap biji akan di seduh dalam 3 mangkuk kecil.

asd

Ya mungkin coffee testing yang pertama terasa pahit dan memang rasanya banyak yang aneh, setelah itu kami langsung menuju ruangan kedua untuk melakukan coffee testing, disini kita mencoba semua produk Nescafe, yaa senang rasanya dihidangkan kopi dengan berbagai macam, aku pun langsung duduk dan mencoba satu persatu jenis kopi nescafe. Ya ini kenikmatan setelah perjalanan panjang biji kopi berkualitas. Perjalanan panjang kopi berkualitas berakhir disaat aroma mencium hidung dan rasa kopi bertemu lidah lalu di akhiri dengan sebuah senyuman. Ya mungkin ini semua adalah cerita #DiBalikSecangkirkopi .

Dimana ada biji kopi bertemu pecinta kopi disitu ada seribu satu cerita. Pengalaman perjalanan kali ini ditambah dengan bertemu orang-orang hebat, orang-orang dibalik secangkir kopi, orang-orang pecinta kopi, pemerhati kopi untuk masa depan.

gfjkghyhjBagus Prasetyo S.