Berburu Harta Karun di Surga Barang Antik

Sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa, Solo memiliki banyak harta karun berupa barang-barang pusaka dan antik. Pasar Triwindu (sekarang bernama Pasar Windujenar) adalah salah satu pasar barang antik yang populer di Pulau Jawa. Persis di depan pintu masuk pasar, Anda akan disambut oleh patung laki-laki dan perempuan Jawa sedang duduk bersila di atas panggung batu.

IMG_6012

Menyelusuri lorong-lorong pasar ini membuat kita serasa di surga barang anti kita seakan seorang pemburu harta karun. Karena di kanan dan kiri kita bisa menemukan koin-koin jaman dulu, kain-kain, patung, kalung, gelang, topeng hingga berbagai benda yang diklaim sebagai fosil makhluk purba dari Sangiran bisa ditemukan disini. Tidak ketinggalan juga setrika arang, poster-poster jaman dulu dan juga rokok pada jaman dahulu kala. Pasar Triwindu ini juga adalah tempat favorit bagi kolekto-kolektor dan penggila otomotif karena bisa mendapatkan barang-barang onderdil yang sudah tidak di produksi lagi.

IMG_5986 IMG_5985 IMG_5983 IMG_5997 IMG_6010 IMG_5987

Mata saya tertuju pada satu toko yang menjual kamera analog, ya disana tertumpuk kamera-kamera jaman dulu. Body yang masih kaku dan flash eksternal yang masih aneh bentuknya menarik mata saya. Saya langsung senyam-senyum sendiri dan mulai melihat satu demi satu kamera tersebut. Body yang sudah karatan dan di tambah pencahayaan hanya dengan menggunakan lampu pijar saja menambah niai kuno pada sudut toko ini. Ya saya merasa ini surga bagi saya.

IMG_6007 IMG_6009

Setelah saya mengelilingi toko, saya tertarik dengan kalung tulang yang di pajang di salah satu toko. Entah ini berbentuk simbol apa tapi daya ingin membelinya. Setelah berbincang bincang dengan pemilik toko ternyata kalung ini dibual oleh turis dari jerman, dia sedang belajar membuat kalung dari tulang dan membuat bentuk ini, entah ini simbol atau apa, pasti ada arti dan maksudnya atau mungkin tidak ada sama sekali. Hmm tidak peduli saya langsung membelinya dengan harga sebesar 10 ribu rupiah.

IMG_2880[1]

Sampai sekarang, Pasar Triwindu masih melayani sistem barter. Anda bisa menukar koleksi dengan barang antik yang lain, tentu saja dengan negosiasi dan kesepakatan tentang nilai barang yang ingin dibarter. Pasar ini wajib di kunjungi jika anda berada di kota Solo. Barang-barang antik ini bisa menjadi oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Hujan yang reda membuat saya meninggalkan pasar ini.  Mampirlah dan jadilah pemburu harta karun di pasar ini.

IMG_5990

IMG_6004

 

 

BagusPrasetyoS  // @tyosukmaa