caving at goa buniayu (day2)

11

Yaa setelah kemaren di goa landak dan semalem ada seminar dari mas cahyo LIPI, sekarang waktunya untuk masuk ke dalam bumi. Setelah melakukan pemanasan dan pembagian kelompok kami mulai satu persatu masuk ke dalam kelompok. Dan kebetulan saya di kelompok pertama bersama pak cahyo dari LIPI. Ini dia yang di tunggu-tunggu VERTICAL HOLE kami menuruni goa menggunakan tali sedalam 20 meter dan agak sedikit menegangkan sih karena di bawah sana hanya terdapat batu-batu dan juga gelap gulita hanya ada satu penerangan, senter di tangan ya senter kecil ini. setelah semuanya berkumpul kami mulai menelusuri goa, kami mulai berjalan di sungai bawah tanah ya walaupun hanya setinggi 15 cm  tapi ini titik awal petualangan.

vertical hole

vertical hole

Di sepanjang perjalanan kita bisa melihat banyak binatang yang menurut saya aneh ya mungkin karena ini binatang yang hidup di dalam goa, bentuknya yang aneh dan transparan. Kami mulai sibuk dengan memainkan binatang-binatang tersebut dimana-mana apalagi saat pak cahyo mengatakan jika kita menemukan binatang dan belum pernah di temukan kita bisa menamakannya sesuai keinginan kita dan di daftarkan di LIPI sebagai spesies baru. Dari situ kami mulai berpencar dan mulai mencari-cari, dengan di barengi penjelasaan singkat dari mas cahyo tentang binatang-binatang yang kita temui, lumayan ada seminar gratis hehehe

IMG_2344

Di pertengahan jalan kami mulai menemukan lubang-lubang di bawah yang mengharuskan kita untuk memijakan kami di sela-sela batu dan itu hanya sebesar batu bata belum lagi licin tak lama kemudian kami menemukan air terjun di dalam goa tidak besar dan tinggi tetapi ini unik dan sangat indah. Air terjun keluar dari sela sela batu dan airnya membentuk stalakmid. Dan kita tidak boleh merusaknya karena itu sangat lama prosesnya. Dan sampailah kita di sungai ya ini benar benar sungai,bukan lagi genangan. mungkin dengan lebar 3m dengan ketinggian air selutut kami berjalan, tapi harus berhati-hati jangan sampai kita masuk kedalam lubang. Keindahan ini belum abis ternyata di ujung sungai kita bertemu danau yaa ini seperti danau tidak terlalu besar akan tetapi terlalu indah menurutku.Danau dalam goa?

IMG_0126

 

 

 

Kami lalu melanjutkan perjalanan yang penuh kejutan ini tak lama dari danau kita tidak menemukan kembali air tetapi kita di sambut oleh lumpur yaa awal-awal hanya lumpur setinggi mata kaki tapi lama kelamaan sampai selutut dan mengharuskan kami untuk merayap dan bergerak cepat jika tidak nanti tidak bisa bergerak ya ini semacam lumpur hidup kali yaa, disini kita berjalan sendiri tak ada bantuan dari orang yang di depan atau di belakang karna kalau kita membantu yang di belakang maka kaki kita akan terus masuk ke dalam lumpur jadi ini memang benar-benar sendiri setelah melewati rintangan lumpur kami di di samput dengan jurang tanah yang licin ya kita harus menyebrang tetapi harus turun ke bawah lalu naik lagi dan kita turun dengan cara bahasa jawanya mah “serodotan” tapi ini di atas tanah yang licin dan jalan yang berbelok belok. Belum lagi di bawah jurang kami haru menikmati lumpur yang dalam kembali, sungguh menguras tenagaa. belum ada tanda kelompok 2 di belakang, terpikir olehku akan rambut gimbal niki, yaa pasti penuh lumpur.

150414_4191219177540_37711508_n

294922_4191253978410_1891955554_n

 

Di ujung jurang kami haris menaiki tangga bikinan yang sangat licin dan tak sedikit orang yang terpeleset dan hampir jatuh. Satu demi satu lampu senter sudah mati dan tertutup lumpur, tambah gelap aja nih goa. Hanya ada 2 lampu yang terang 1 punya mas cahyo satu punya pemandu. Sesampainya di atas kami sudah tidak peduli akan badan yang kotor kami mulai berbaring melepas lelah di lumur dan mulai main lempar-lempar lumpur, yaa ini cara kami untuk mencairkan suasana.

51d111d6d0be97f5c65634d07fc8d4f3

 

Tak begitu lama kami beristirahat kami pun mulai jalan kembali menelusiri goa yang penuh kejutan ini. setelah berjalan cukup lama kami pun menemukan haya di ujung goa dan kami mulai mempercepat langkah untuk sampai ke mulut goa, dan akhirnyaa kami melihat matahari kembali huuuuuuuuuh di sambut dengat sawah hijau yang sangat luas dan segelas soft drink pemberian pengelola yang sudah menunggu di mulut goa kami melepas lelah.

IMG_0182

Setelah beristirahat sejenak kami menuju air terjun dengan menggunakan mobil bak terbuka, setelah 6 jam di dalam goa akhirnya finish juga di air terjun, mandi mandi atau hanya sekedar merelaksai badan di dalam air yang segar ini kami lakukan. Setelah puas bermain dengan air terjun kami kembali ke tempat pengelola menggunakan bak terbuka. Daaaaaaannnnnnnn ternyata petualangan belum selesai, sebagai penutup kami di ajak bermain offroad dengan mobil bak terbuka yang sudah tak layak mungkin bisa di bilang, membelah hutan dan kebun tak peduli ada jalan atau menerobos masuk ke alang-alang, tinggi atau dalam tananhnya main gas aja, yang tadinya kita santai dan menikmati alam sukabumi kami tiba-tiba saling memegang satu sama lain dan mulai teriak-teriak. Haha yaa iniii pengalaman selama 6 jam, sepanjang 1500m dan sedalam 54 meter di bawah tanah.

DSC_0375